Jumat, 27 November 2015

TIPS MENYEWA MOBIL





Menyewa mobil memang ada kalanya diperlukan karena berbagai sebab. Saat itu, saya menyewa mobil atas nama IIDB untuk berangkat ke Floating Market, Lembang, Bandung. Kebetulan dalam mobil tersebut saya bersama keluarga Trance Taranokanai, teman IIDB yang jago desain grafis namun pendiam ketika di darat tapi seru ketika berkomunikasi via tulisan.
Tentunya ada sedikit ragu dan bertanya-tanya bagaimana prosedur menyewa mobil. Mengingat nanti yang berangkat adalah anak kecil dan para wanita juga 1 orang nenek. Safety first kan yang diinginkan.
Nah, untuk membuat nyaman, salah satu cara adalah dengan mencari referensi. Mbak Hayu memberi referensi salah satu nama. Mbak Hayu berani mereferensikan karena memang sudah kenal dan tahu bagaimana pemilik mobil tersebut menjalankan penyewaan mobilnya.
Akhirnya, saya dapat mobil rush plus sopir karena memang suami saat itu tidak dapat ikut mengantar ke Floating Market. Nego harga pun terjadi dan akhirnya disepakati dimana akan bertemu.
Agar cepat mencapai tol, maka kami bertemu dekat Rumah Sakit Awal Bros dimana tinggal 5 menit berjalan, sudah sampai ke jalan tol. Dengan diantar suami sampai ke mobil sewaan, saya pun berangkat. Trance yang sudah berkumpul di rumah saya pun, bareng menuju depan RS Awal Bros.
Dari perjalanan yang ditempuh hingga melebihi pukul 12 malam, ada sedikit tips yang bisa saya bagikan. Semoga membantu.
1.      Cari referensi dari orang terpercaya tentang jasa sewa mobil. Bagaimana pun, akan lebih nyaman jika sudah ada rekomendasi dari teman terpercaya. Begitu dengan kondisi kendaraan, pastikan dalam kondisi layak jalan.
2.      Bicarakan tarif di depan, begitu juga dengan kelebihan jam sewa. Sehingga terbayang berapa nilai rupiah yang akan dikeluarkan dan tidak bingung ketika pembayaran karena masing-masing pihak memiliki persepsi dan hitungan masing-masing.
3.      Bicarakan pula tentang system pembayaran tol dan total bensin yang dipakai. Ketika itu, sopir memberikan bon pembelian bensin kepada saya, begitu juga bukti pembayaran jalan tol. Sehingga ketika pembayaran, semua diganti oleh saya.
4.      Berikan haknya untuk makan pada jamnya. Menyopir ketika dalam kondisi perut lapar, akan mempengaruhi mood. Dan berdampak pada nyaman tidaknya cara menyopir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar