Sabtu, 03 September 2016

PUDING TIGA DIMENSI TIRAMISU



                Sudah lama sebenarnya ingin membuat puding ini, bahkan cetakannya pun sudah dikoleksi beberapa waktu yang lalu. Baru kesampaian kali ini setelah di rumah ada arisan, yang mau ga mau memeras otak untuk menyuguhkan hidangan apa yang berkesan.

                Untuk puding perdana ini, masih menggunakan puding instan, karena memang difokuskan pada teknik pembuatannya. Kalau sudah jago tekniknya sih, tinggal kutak katik resep puding susu atau puding buah nantinya.

 

Berikut step by step pembuatan puding tiga dimensi :

1. Rebus puding tiramisu, kali ini aku pakai puding Haan, dengan menambahkan 500 ml air. Rebus hingga mendidih kemudian kecilkan api dan aduk terus selama kurang lebih 1 menit. Tuangkan dalam wadah kotak.

 

2. Buat puding untuk hiasan atas dari campuran nutrijel dan agarasa, tambahkan susu kental manis atau susu segar agar terlihat warna lebih matang. 

 

3. Setelah mendidih, pisahkan jadi 3 bagian, beri pewarna merah, kuning dan hijau. Tuang dalam cetakan dengan ketebalan kurang lebih 1 - 2 mm. Bekukan.

 

 

4.Untuk membuat bunga anthurium, cetak dengan cetakan kue kering berbentuk love untuk warna kuning.

 

Puding warna merah, potong panjang sesuai dengan panjang love.

 

Puding warna hijau, cetak bentuk daun.

 

 5. Jepit anthurium dengan tusuk gigi dan tuang dengan puding berwarna jernih/plain. Bekukan.

 

 

6. Setelah puding tiramisu beku, keluarkan dan tata anthurium beserta daun diatasnya. Siram dengan puding berwarna bening.

 

7. Diamkan dan masukkan ke dalam kulkas hingga beku.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar