Selasa, 28 Agustus 2012

MEMAHAMI PERBEDAAN




Apa yang kamu lakukan jika kau merasa sangat marah, kesal dan hhhhh…. emosi pada seseorang??? Salah satunya mungkin karena kau merasa semua orang adalah sama. Sehingga apa yang dilakukan orang lain, selalu kau pandang dari kacamata pribadimu. Akibatnya? Gitu deh... Semua orang nampaknya salah dan tidak sesuai dengan apa yang kau harapkan.
Cara mudah untuk keluar dari jebakan ini dan melepas diri untuk lebih rileks menghadapi beraneka macam karakter adalah dengan memahami bahwa setiap orang adalah berbeda.
  • Berbeda cara pikir,
  • Berbeda kebutuhan
  • Berbeda kemampuan
  • Berbeda tujuan
  • Berbeda latar belakang dan bermacam perbedaan lagi.
    Tentunya dibantu ilmu psikologi akan lebih mudah memahami.
Ketika sudah memahami perbedaan tersebut, kita akan tersenyum dan maklum adanya. Malahan akan ada rasa penasaran. “Mengapa dia begitu ya? Ada apa dibalik sikapnya yang “antik” itu? Mengapa dia tidak seperti orang kebanyakan?” Tanda tanya itu justru akan mendekatkanmu pada orang yang sempat membuatmu “sedikit ilfil itu”. Well, bukan tidak mungkin malah kau akan bersahabat dan bersinergi dengan dia lhoo..
Pengendalian diri, memandang positif dan memahami perbedaan. Hal yang penting dalam bergaul. Dan saya sendiri, masih berproses memadukannya. Perlu kerendahan hati dan kebeningan diri untuk menjalankannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar