Kamis, 20 Oktober 2016

SAMBAL BALADO… multiguna…





                Sharing resep kali ini sich sebenarnya biasa, dan bukan diperuntukkan untuk mereka yang sudah jago masak. Soalnya resep ini standar pakai banget dan yang sudah jago masak, saya yakin banget, pasti bisa hehehe.


                Resep ini diperuntukkan bagi yang baru mulai belajar masak atau bagi mereka yang waktunya mepet untuk masak karena kesibukan yang segunung, juga yang menyukai kepraktisan dan kesimpelan. Mengapa begitu? Karena :

1.       Bikinnya simple

2.       Relatif cepat

3.       Bahan mudah didapat

4.       Bisa menjadi berbagai olehan lauk kesukaan keluarga

5.       Murah



Oke, kita mulai dari bahan-bahan yang diperlukan :

1.       Cabe keriting merah

2.       Tomat merah

3.       Bawang merah

4.       Bawang putih

5.       Gula merah

6.       Garam

7.       Kecap

8.       Air asam

9.       Minyak goreng

10.   Air



Eh, kok ga dikasih ukurannya.. berapa gram, berapa siung atau berapa ml gitu? Iya, sengaja karena memasak masalah selera. Tapi untuk  mudahnya saya kasih fotonya aja, kurang lebih seperti itulah. Tapi untuk kecap ga sebanyak gambar ya..



Lalu diapain?

Setelah dicuci tentunya, dipotong dan diblender (untuk cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih). Untuk memblender, bisa menggunakan minyak goreng, bisa pula menggunakan air. Aromanya memang akan berbeda dan nanti Anda yang akan menentukan lebih suka yang mana. Keduanya sama-sama enak kok.

 
Bahan sambal balado




Setelah diblender maka letakkan di wajan yang sudah diletakkan minyak goreng secukupnya. Nyalakan api sembari dituang air asam, gula merah dan garam.
Blender bahan


Masak dengan api sedang sembari diaduk-aduk, setelah agak berkurang airnya maka kecilkan api. Biasanya akan meletup-letup. Tapi letupan ini tidak akan muncrat jika api sudah dikecilkan. 
Rebus balado


Masukkan kecap sambil diaduk-aduk,dan tercampur rata. Matikan api jika sudah matang dan warnanya lebih tua serta ada minyak yang terpisah.



Mudah bukan?

Lalu Dimana multigunanya?



Eits, bumbu ini bisa disimpan di kulkas, dan ketika Anda ingin bikin :

-          Nasi goreng

-          Balado terong

-          Balado Ayam

-          Balado tongkol

Tinggal colek sejumlah yang diinginkan dan dipadukan dengan bahan penambahnya. Tenang dech hati ketika ada stok Sambal Balado ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar