Selasa, 30 September 2014

MEMILIH LOKASI BISNIS






Bagaimana memilih lokasi bisnis yang bisa mengenalkan produk pada khalayak ? Tentunya hal ini menjadi pertimbangan yang cukup mendalam bagi mereka yang mulai menjalankan roda bisnisnya. Banyak yang membayangkan bahwa lokasi strategis tentunya memerlukan budget yang tinggi, padahal tidak selalu lho. Semoga, sedikit masukan ini bisa memberi solusi :
a.      Sesuaikan dengan produk
Produk bisa berupa barang atau jasa. Ada produk yang bisa didisplay di rumah, di ruko berukuran kecil, ruko berukuran besar atau bahkan bisa dengan membuat katalog , tentunya bagi produk pre order.
b.     Kesiapan SDM
Sebuah tempat usaha tentunya memerlukan staf atau pelayan untuk memberi service pada konsumen. Perlu melihat seberapa siap staf atau pelayan yang diplotkan di tempat bisnis tersebut. Jika sudah ada dan siap, maka bisa memilih lokasi bisnis yang menantang.
c.       Besarnya modal
Modal setiap pebisnis tentunya berbeda. Perlu dipikirkan berapa alokasi dana untuk membeli atau menyewa tempat bisnis tersebut. Karena semakin strategis akan semakin mahal.
d.     Memahami siapa konsumennya
Untuk barang-barang mewah, pada umumnya dipasarkan di tempat yang berkesan mewah. Misal mall kelas menengah ke atas. Namun untuk barang-barang menengah ke bawah, bisa dipilih pasar, mall yang lebih merakyat dan ruko-ruko di pinggir jalan yang mendekati konsumen yang dibidik.
e.      Cara pemasaran
Pemasaran bisa dilakukan secara online dan off line. Jika secara off line, tentu saja tempat dipilih yang mudah dijangkau oleh konsumen namun jika secara online, tempat bisa “tersembunyi” dalam arti tidak perlu strategis untuk dijangkau, yang penting produk tersedia.

Salah satu contoh dalam memilih lokasi usaha adalah Salon Latifa. Keputusan Vera Wati untuk memilih lokasi di Taman Royal, tepatnya di Ruko Fortune no 5, Cipondoh, Tangerang karena ingin mendekatkan diri pada konsumen. Sehingga diharapkan perputaran bisnisnya akan cepat.
Jalan raya yang dilalui banyak pengguna jalan, tempat parkir yang luas serta berbagai jenis tempat kuliner yang ada disekitarnya turut menjadi pertimbangannya. Sehingga apabila ada konsumen yang ingin memesan makanan, tidak perlu jauh-jauh memesan. Bahkan jika ada bapak-bapak yang mengantar istrinya ke salon muslimah tersebut, bisa sambil menunggu di tempat kuliner tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar